Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Monday 26 March 2018

Proses Perkembangan Janin Ibu Hamil Setiap Bulan sampai Melahirkan

Proses Perkembangan Janin Setiap Bulan sampai Melahirkan. Awal kehamilan sebenarnya adalah hari pertama dari periode menstruasi terakhir Anda . Ini disebut 'usia menstruasi' dan sekitar dua minggu ke depan ketika konsepsi benar-benar terjadi. Rata-rata, pembuahan terjadi sekitar dua minggu setelah periode menstruasi terakhir Anda.
Ketika sperma menembus sel telur, perubahan terjadi pada lapisan protein di sekitarnya untuk mencegah sperma lainnya masuk. Pada saat pembuahan, susunan genetik bayi Anda lengkap, termasuk jenis kelaminnya.
Proses Perkembangan Janin Ibu Hamil Setiap Bulan sampai Melahirkan

Setelah melewati berbagai upaya agar cepat hamil, bahkan mungkin sebahagian dari Anda telah melakukan program cepat hamil agar disegerakan mendapat momongan. Tahap perkembangan janin dalam kandungan yang disebut trimester ini, atau periode tiga bulan, karena perubahan yang berbeda yang terjadi di setiap tahap.

Tahapan perkembangan janin pada ibu hamil dari bulan ke bulan.

Pada Artikel ini akan membahas bagaimana perkembangan janin setiap bulannya sampai janin siap lahir.

Hamil Usia 1 Bulan

Ketika telur yang dibuahi tumbuh, kantung kedap air terbentuk di sekitarnya, secara bertahap mengisi dengan cairan. Ini disebut kantung amnion, dan ini membantu meredam embrio yang sedang tumbuh. Plasenta juga berkembang. Plasenta adalah organ bulat dan datar yang memindahkan nutrisi dari ibu ke bayi, termasuk kotoran dari bayi.
Saat hamil 1 bulan, Wajah primitif akan terbentuk dengan lingkaran hitam besar untuk mata. Mulut, rahang bawah, dan tenggorokan berkembang. Sel darah mengambil bentuk, dan sirkulasi akan dimulai. Tabung "jantung" kecil akan berdenyut 65 kali per menit pada akhir minggu keempat. Pada akhir bulan pertama kehamilan, bayi Anda memiliki panjang sekitar 1/4 inci - lebih kecil dari sebutir beras!

Hamil Usia 2 Bulan

Fitur wajah janin umur 2 bulan terus berkembang. Setiap telinga dimulai sebagai lipatan kulit kecil di sisi kepala. Tunas kecil yang akhirnya tumbuh menjadi lengan dan kaki terbentuk. Fingers, jari-jari kaki dan mata juga terbentuk. Tabung saraf (otak, sumsum tulang belakang dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat) terbentuk dengan baik. Saluran pencernaan dan organ indera mulai berkembang. Tulang mulai menggantikan kartilago.

Hamil Usia 3 Bulan

Lengan, tangan, jari kaki, dan jari-jari tangan janin sepenuhnya terbentuk. Ia dapat membuka dan menutup kepalan tangan dan mulutnya. Kuku jari dan kaki mulai berkembang dan telinga luar terbentuk. Dasar gigi terbentuk. Organ reproduksi bayi Anda juga berkembang, tetapi jenis kelamin bayi sulit dibedakan dengan USG.
Pada usia hamil 3 bulan, janin sepenuhnya terbentuk. Semua organ dan ekstremitas hadir dan akan terus matang agar menjadi fungsional. Sistem sirkulasi dan kemih bekerja dan hati mulai menghasilkan empedu. Pada akhir bulan ketiga, bayi Anda memiliki panjang sekitar 4 inci dan berat sekitar 1 ons.

Hamil Usia 4 Bulan

Detak jantung bayi Anda sekarang dapat terdengar melalui alat yang disebut doppler atau stetoskop. Jari-jari tangan dan kakinya terdefinisi dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, dan rambut terbentuk. Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Bayi Anda bahkan bisa mengisap jempolnya, menguap, meregangkan badan, dan membuat wajah.
Ketika memasuki usia hamil 4 bulan, sistem saraf mulai berfungsi. Organ reproduksi dan alat kelamin sekarang sepenuhnya dikembangkan. Memalui USG, bayi Anda sudah dapat dikenali jenis kelaminnya. Pada akhir bulan keempat, bayi Anda memiliki panjang sekitar 6 inci dan berat sekitar 4 ons.

Hamil Usia 5 bulan

Anda mungkin mulai merasakan bayi Anda bergerak, karena ia sedang mengembangkan otot dan melatihnya. Gerakan pertama ini disebut percepatan. Rambut mulai tumbuh di kepala bayi. Bahu, punggung, dan pelipis bayi Anda ditutupi oleh rambut halus lembut yang disebut lanugo. Rambut ini melindungi bayi Anda.
Kulit bayi ditutupi dengan lapisan keputihan yang disebut vernix caseosa. Zat ini dianggap melindungi kulit bayi dari paparan cairan ketuban. Lapisan ini dilepaskan tepat sebelum kelahiran. Pada akhir usia hamil 5 bulan , bayi Anda memiliki panjang sekitar 10 inci dan beratnya mulai dari 1/2 hingga 1 pon.

Hamil Usia 6 bulan

Kulit bayi Anda berwarna kemerahan, keriput, dan pembuluh vena sudah terlihat pada kulitnya. Jari tangan dan sidik jari bayi terlihat. Kelopak mata mulai berpisah dan mata terbuka. Bayi merespons suara dengan menggerakkan atau meningkatkan denyut nadi. Anda mungkin memperhatikan gerakan menyentak jika bayi cegukan.
Jika lahir prematur , bayi Anda dapat bertahan hidup setelah minggu ke-23 dengan perawatan intensif. Pada akhir bulan keenam, bayi Anda memiliki panjang sekitar 12 inci dan berat sekitar 2 pon.

Hamil Usia 7 bulan

Bayi Anda akan terus matang dan mengembangkan cadangan lemak tubuh. Pendengaran bayi Anda sepenuhnya dikembangkan. Dia sering berganti posisi dan merespons rangsangan, termasuk suara, rasa sakit, dan cahaya. Cairan amniotik mulai berkurang. Pada akhir usia hamil 7 bulan ini, ukuran bayi Anda sekitar 14 inci panjang dan beratnya 2-4 kilogram. Jika lahir prematur, bayi Anda akan mungkin bertahan hidup setelah bulan ketujuh.

Hamil Usia 8 Bulan

Bayi Anda akan terus matang dan mengembangkan cadangan lemak tubuh. Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda menendang lebih banyak. Otak bayi berkembang pesat saat ini, dan bayi Anda dapat melihat dan mendengar. Memasuki usia hamil 8 bulan, sebagian besar sistem internal berkembang dengan baik, tetapi paru-paru mungkin masih belum matang. Bayi Anda memiliki panjang sekitar 18 inci dan berat hingga 5 pon.

Hamil 9 Bulan Siap Melahirkan

Bayi Anda terus tumbuh dan matang: paru-paru hampir sepenuhnya berkembang. Refleks bayi Anda dikoordinasikan sehingga ia dapat berkedip, menutup mata, memutar kepala, memegang dengan kuat, dan merespons suara, cahaya, dan sentuhan. Bayi pasti siap untuk melihat senyum dan air mata bahagia Anda.
Saat memasuki usia hamil 9 bulan, Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda bergerak lebih sedikit karena ruang yang sempit. Posisi bayi Anda berubah untuk persiapan melahirkan. Bayi turun di panggul Anda. Biasanya, kepala bayi turun ke arah jalan lahir. Bayi Anda memiliki panjang sekitar 18 hingga 20 inci dan berat sekitar 7 pon.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya