Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Tuesday 27 March 2018

10+ Tanda Gejala Kehamilan Umur 3 Bulan pada Tubuh Wanita

10+ Tanda Gejala Kehamilan Umur 3 Bulan pada Tubuh Wanita. Kehamilan adalah periode yang sangat menarik dan signifikan dalam kehidupan seorang wanita. Perubahan besar tidak hanya di luar tetapi juga di dalam tubuh wanita berlangsung dengan begitu cepat selama kehamilan. Pembentukan plasenta, yang segera akan menjadi sumber kontak bayi dan ibu, sudah hampir selesai pada akhir hamil 2 bulan.
Bentuk perut ibu hamil 3 bulan


Apa Gejala-Gejala Dan Perubahan Fisik Pada Bulan Ketiga Kehamilan?

Anda mungkin memperhatikan gejala kehamilan 3 bulan berikut dan perubahan dalam tubuh Anda selama bulan ketiga.

1. Morning sickness

Pada bulan ketiga kehamilan, mual dan muntah Anda bisa memuncak, tetapi pada akhir bulan, ia akan turun. Sebagian besar wanita hamil mengalami penurunan mual pada akhir trimester pertama.

2. Kelelahan

Selama proses perkembangan janin ini berlangsung, perubahan kadar hormon membuat Anda merasa mengantuk dan lelah. Karena tubuh membutuhkan darah ekstra untuk memasok nutrisi penting untuk janin, itu mempengaruhi tekanan darah dan tingkat gula darah yang membuat Anda merasa lelah.

3. Sering buang air kecil

Saat memasuki usia hamil 3 bulan Anda memiliki keinginan untuk buang air kecil lebih sering daripada sebelumnya karena tubuh Anda memproduksi hormon kehamilan hCG. Peningkatan volume darah memberi tekanan pada ginjal Anda. Selain itu, uterus yang berkembang memberi tekanan pada kandung kemih, sehingga meningkatkan keinginan Anda untuk buang air kecil lebih sering.

4. Konstipasi

Peningkatan kadar hormon progesteron dapat memperlambat proses pencernaan. Diet yang tidak tepat juga bisa menjadi alasan untuk sembelit.

5. Keputihan

Anda mungkin melihat sedikit peningkatan pada keputihan karena kadar estrogen yang tinggi. Keluarnya cairan lendir berwarna putih dari organ genital membantu mencegah infeksi.

6. Kram kaki

Seiring dengan tahap perkembangan janin, Anda mungkin mengalami kram kaki yang parah dan rasa sakit di malam hari. Pasokan kalium dan zat besi yang tidak mencukupi mungkin menjadi penyebab kram selama kehamilan. Namun, latihan lembut yang melibatkan kaki dan pergelangan kaki Anda dapat membantu menghindari kram.

7. Sakit punggung dan sakit perut

Perubahan kadar hormon juga memberi Anda nyeri punggung. Selain itu, rahim yang membesar membentang ligamen dan tendon Anda, membuat Anda merasakan sakit di perut bagian bawah. Beberapa latihan berdampak rendah dan peregangan akan membantu meringankan rasa sakit. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai latihan apa pun selama kehamilan.

8. Perubahan suasana hati

Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh Anda selama trimester ketiga. Beberapa wanita mungkin menjadi tenang dan damai sementara itu bisa menjadi perjalanan rollercoaster emosional untuk beberapa orang lain.

9. Gusi berdarah

Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan peradangan dan pendarahan gusi. Kebersihan mulut yang baik adalah suatu keharusan selama kehamilan. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan gigi rutin.

10. Mulas

Ketika tubuh Anda mengembang dengan janin yang sedang tumbuh, itu memperlambat pergerakan makanan di sepanjang sistem pencernaan. Rahim tumbuh mulai menekan perut, mendorong asam lambung ke atas dan menyebabkan mulas. Ambil makanan dalam porsi sedikit namun sering.

11. Varises

Saat uterus tumbuh, ia menekan pembuluh darah, memperlambat sirkulasi dan pembengkakan pembuluh darah di kaki Anda. Juga, penambahan berat badan ekstra dapat meningkatkan beban pada sistem sirkulasi, yang menyebabkan varises.
Anda tidak perlu khawatir tentang masalah gejala dan tanda hamil 3 bulan di atas jika ringan karena masalah kesehatan yang kecil sama seringnya dengan perubahan fisik yang terjadi selama waktu ini.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya