Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Tuesday 3 April 2018

Tahap Pertumbuhan Bayi Baru Lahir sampai 1 Tahun

Rangkuman penjelasan tahap perkembangan bayi tiap bulan yang sehat dan normal

Bagaimana pertumbuhan bayi sehat baru lahir sampai 1 tahun? Usia 1 tahun pertama sejak bayi lahir adalah masa emas untuk memberikan perawatan yang terbaik kepada bayi Anda. Untuk mengetahui pertumbuhan bayi sehat selama satu tahun pertama, berikut ini sawittoku merangkum berdasarkan informasi yang diambil dari mayoclinic.com melalui situs apoteker ApotekerAnda.com.
tahap perkembangan bayi tiap bulan yang sehat normal
Sumber: Apotekeranda.com

Bayi umur 0 – 3 bulan

Saat baru melahirkan, Anda harus banyak menggali informasi tentang apa saja kebutuhan bayi umur 1 bulan – 3 bulan. Bayi di umur ini sangatlah membutuhkan perhatian khusus dan perawatan terbaik. Hal lainnya seperti cara merawat tali pusat,Selain itu Anda harus tahu langkah-langkah ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi pada sikecil.
Ada banyak hal terjadi selama umur tiga bulan pertama bayi Anda. Tentunya Anda sangat mengharapkan bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan cepat. Bagaimana merawat bayi umur 0 – 3 bulan khususnya di awal kelahiran mungkin terasa seperti sesuatu yang baru, seperti mengganti popok dan menenangkannya.

Perkembangan motorik

Perkembangan fisik bayi tiap bulan pada bayi baru lahir, kepala bayi saat lahir masih lemah, tetapi ini hanya berlangsung singkat. Kemampuan menggenggam sudah mulai terlihat meskipun ini masih bersifat sementara.

Pendengaran

Bayi Anda akan sensitif terhadap tingkat kebisingan yang tinggi. Suara yang paling dia kenal adalah suara Anda. Maka buatlah diri Anda bahagia ketika berbicara dengannya. Ketika mendengar suara Anda, dia akan akan mulai mengarah dan mencari sumber suara tersebut sampai menemukannya.

Penglihatan

Bayi Anda mungkin akan fokus pada wajah Anda khususnya mata selama menyusui. Pada usia bayi 1 bulan, bayi Anda akan lebih suka melihat objek dengan warna kontras yang tajam atau hitam-putih. Setelah umur bayi 2 bulan, matanya akan menjadi lebih terkoordinasi dan memungkinkan untuk mencari sumber objek.

Kemampuan berbicara

Setelah bayi memasuki usia 2 bulan, kebahagiaan Anda sudah bertambah dengan mulai mendengar bayi Anda mengeluarkan suara singkat saat Anda mengajaknya untuk berbicara. Selain itu, senyum sikecil akan memberikan ketenangan untuk Anda dan itu salah satu cara sikecil untuk meringankan rasa lelah Anda dalam merawatnya.

Bayi umur 4 – 6 bulan

Saat bayi Anda mulai mengenal dunia sekitarnya,maka ia sudah mulai beradaptasi. Dari usia 4 hingga 6 bulan, bayi Anda kemungkinan akan menikmati perkembangan berikut ini.

Perkembangan motorik

Lengan termasuk tangan dan kaki bayi Anda sudah dapat menendang lebih dalam keadaan sengaja. Dia sudah bisa juga melakukan berguling. Kekuatan ototnya sudah mampu dikendalikan dengan baik.
Sebagian besar bayi usia ini sudah mampu mengangkat kepala ketika berbaring telungkup. Mereka bahkan mungkin mencoba untuk mendorong diri mereka sendiri atau memusatkan beban tubuh pada kaki mereka. Ketika bayi usia 6 bulan, perkembangannya sudah mampu melakukan aktifitas duduk meskipun ia masih membutuhkan bantuan Anda.

Penglihatan

Pada usia rentang saat ini, penglihatannya sudah semakin jelas. Bayi Anda mulai dapat membedakan warna merah, biru dan kuning. Dia mungkin mampu menikmati pola dan bentuk yang lebih kompleks. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda berkonsentrasi pada mainan jika diberikan. Jika Anda mencoba untuk menggulingkan bola di lantai, bayi Anda mungkin akan mencoba untuk mengikutinya.

Kemampuan berbicara

Bayi usia ini sering mulai mengoceh dan merespons suara dengan membuat suara dan menggunakan suaranya untuk mengekspresikan kegembiraan. Dia juga mungkin membedakan emosi dengan nada suara dan mulai menanggapi nada tertentu.

Bayi umur 7 – 9 bulan

Saat bayi Anda menjadi lebih ingin tahu banyak hal, itu artinya usia bayi Anda sudah menginjak lebih dari setengah tahun. Ini perkembangan bayi yang sangat baik. Setiap hari adalah waktu belajar baginya. Berikut ini bentuk perkembangan yang dialami sikecil ketika sudah memasuki usia 7 sampai 9 bulan.

Perkembangan keterampilan motorik

Pada usia bayi 7 bulan, kebanyakan dari mereka sudah dapat berguling ke dua arah, bahkan saat mereka sedang tidur. Beberapa bayi dapat duduk sendiri, sementara yang lain membutuhkan sedikit dukungan. Anda mungkin melihat bayi Anda mulai bergeser, bergerak maju mundur, atau bahkan merangkak.

Peningkatan koordinasi tangan dan mata

Sebagian besar bayi usia ini mentransfer objek dari satu tangan ke tangan lain atau langsung ke mulut mereka. Menarik objek lebih dekat dengan gerakan menyapu tangan akan memberi jalan untuk gerakan yang lebih halus, seperti mengambil benda hanya dengan jempol dan telunjuk.

Kemampuan berbicara

Bayi Anda akan berkomunikasi dengan Anda melalui suara, gerak tubuh dan ekspresi wajah. Anda mungkin akan mendengar banyak tawa darinya. Beberapa bayi mungkin mengulangi suara yang mereka dengar atau memberikan suara terbaik mereka. Pada bulan ini, mungkin Anda sudah mulai mendengar pertama kali Anda dipanggil mama olehnya.

Umur bayi untuk tumbuh gigi

Anda dapat mengharapkan gigi pertama kapan saja, namun di usia 7 bulan hingga 9 bulan ini Anda mungkin melihat bayi Anda berliur lebih dari biasanya dan mampu mengunyah apa saja. Itu pertanda bayi Anda sudah tumbuh giginya.

Bayi umur 10 – 12 bulan

Semakin hari Anda melihat sikecil dengan tingkah lucu yang menambah kebahagiaan Anda. Saat umur bayi 10 bulan, ada banyak peningkatan kognitif dan kemampuan baru muncul. Untuk mengetahui selengkapnya berikut ini.

Keterampilan motorik

Sebagian besar bayi usia ini bisa duduk tanpa bantuan dan menarik diri ke posisi berdiri. Jika sebelumnya sikecil banyak melakukan kegiatan harian dengan merayap dan merangkak, maka saat ini mereka akan mengarah ke berjalan. Saat anak umur 12 bulan, bayi Anda mungkin akan mengambil langkah pertamanya tanpa dukungan.

Koordinasi tangan-mata yang lebih baik

Sebagian besar bayi usia ini dapat mengambil makanan sendiri dan memasukkan ke mulutnya. Pastikan untuk selalu menyediakan makanan untuk kecerdasan otak bayi. Selain itu mereka sudah mampu menggenggam barang-barang di antara jempol dan telunjuk. Jika Anda mencoba untuk memberinya mainan berbentuk wadah, maka ia akan mencoba memasukkan benda tersebut kedalam wadah dan mengeluarkannya kembali. Ini adalah cara mereka untuk belajar cepat.

Kemampuan berbicara

Sebagian besar bayi usia ini sudah mampu menanggapi permintaan secara verbal dalam bentuk sederhana. Bayi Anda mungkin menjadi terampil dalam berbagai gerakan, seperti menggelengkan kepalanya atau melambaikan tangan.

Keterampilan kognitif baru

Karena pemahaman bayi Anda terhadap objek meningkat, ia akan dapat dengan mudah menemukan objek tersembunyi. Anda mungkin menemukan bayi Anda mulai meniru aktivitas Anda seperti menyisir rambut, berbicara melalui telepon, memencet remot dan sebagainya.
Sebagai ibu yang mempunyai naluri dan insting yang sangat peka terhadap bayinya akan selalu memperhatikan tahap perkembangan bayi tiap bulan hingga sikecil berusia 1 tahun. Menghabiskan waktu dengannya adalah langkah terbaik untuk mendapatkan perawatan maksimal demi kesehatan dan tumbuh kembang sikecil.

lihat Artikel Aslinya: Tahap perkembangan bayi tiap bulan

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya