Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Wednesday 24 April 2013

Cara memberikan obat yang benar pada Mencit dan Tikus


Mencit adalah binatang asli Asia, India, dan Eropa Barat. Jenis ini sekarang ditemukan di seluruh dunia karena pengenalan oleh manusia. Mencit peliharaan memiliki periode kegiatan selama siang dan malam. Tikus memakan makanan manusia dan barang-barang rumah tangga. Mencit (Mus musculus) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Hewan ini diduga sebagai mamalia terbanyak kedua di dunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar di hutan barangkali lebih sedikit daripada yang tinggal di perkotaan. pengertian pemberian obat oral
Mencit kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan dan mewah. Namun, sebagian besar tikus diperoleh dari peternak hewan laboratorium untuk digunakan dalam penelitian biomedis, pengujian, dan pendidikan. Bahkan, tujuh puluh persen dari semua hewan yang digunakan dalam kegiatan biomedis tikus. Melebihi dari 1000 saham dan strain tikus telah dikembangkan, serta ratusan mutan saham yang digunakan sebagai model penyakit manusia. Dalam hal genetika, mouse adalah mamalia dicirikan paling lengkap.
Hewan mencit atau Mus musculus adalah tikus rumah biasa termasuk ke dalam ordo rodentia dan family muridae. Mencit merupakn hewan yang tidak mempunyai kelenjar keringat, jantung terdiri atas empat ruang dengan dinding atrium yang tipis dan dinding ventrikel yang tebal. Percobaan dalam menangani hewan yang akan diuji cenderung memiliki karakteristik yang berbeda, seperti mencit penakut dan fotofobik, cenderung sembunyi dan berkumpul dengan sesama, mudah ditangani, lebih aktif pada malam hari, aktifitas terganggu dengan adanya manusia, laju respirasi 163/menit sedangkan pada hewan tikus sangat cerdas, mudah ditangani, tidak bersifat fotofobik, lebih resisten terhadap infeksi, kecenderungan berkumpul dengan sesama kurang, jika makanannya kurang atau diperlakukan secara kasar akan menjadi liar dan galak. Pada mencit dan tikus persamaannya gigi seri padakeduanya seringdigunakan untuk mengerat/menggigit benda-benda yang keras. cara menangani mencit yang benar
Mayoritas mencit laboratorium adalah strain albino yang mempunyai bulu putih dan merah muda. Mencit merupakan hewan yang tidak mempunyai kelenjar keringat, jantung terdiri atas empat ruang dengan dinding atrium yang tipis dan dinding ventrikel yang lebih tebal. Percobaan dalam menangani hewan yang akan diuji cenderung memilki karakteristik yang berbeda
Pemberian obat oral adalah suatu tindakan untuk membantu proses penyembuhan dengan cara memberikan obat-obatan melalui mulut sesuai dengan program pengobatan dari dokter.
Pemberian obat per oral merupakan pemberian obat paling umum dilakukan karena relatif mudah dan praktis serta murah. Kerugiannya ialah banyak faktor dapat mempengaruhi bioavailabilitasnya (faktor obat, faktor penderita, interaksi dalam absorpsi di saluran cerna). Intinya absorpsi dari obat mempunyai sifat-sifat tersendiri. Beberapa diantaranya dapat diabsorpsi dengan baik pada suatu cara penggunaan, sedangkan yang lainnya tidak. prosedur pemberian obat pada hewan uji
Selain pemberian topikal untuk mendapatkan efek lokal pada kulit atau membran mukosa, penggunaan suatu obat hampir selalu melibatkan transfer obat ke dalam aliran darah. Tetapi, meskipun tempat kerja obat tersebut berbeda-beda, namun bisa saja terjadi absorpsi ke dalam aliran darah dan dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Absorpsi ke dalam darah dipengaruhi secara bermakna oleh cara pemberian. pemberian obat secara subkutan pada mencit
Alat dan Bahan yang digunakan pada pemberian obat mencit
a. Kandang mencit, 
b. Jarum suntik tumpul dan runcing
c. Spoid
a. Mencit
b. alkohol 70%
c. aquades.
d. tisu
Prosedur Kerja 
1. Cara memegang mencit
Mengangkat ujung ekor mencit dengan tangan kanan, meletakkan pada suatu tempat yang permukaannya tidak licin (misalnya rem kawat pada penutup kandang), jangan sampai mencit stress dan ketakutan lalu mengelus-elus mencit dengan jari telunjuk tangan kiri. Kemudian menarik kulit pada bagian tengkuk mencit dengan jari tengah dan ibu jari tangan kiri, dan tangan kanan memegang ekornya lalu membalikkan tubuh mencit sehingga menghadap ke kita dan menjepit ekor dengan kelingking dan jari manis tangan kiri.
a. Oral
Pemberian obat dilakukan dengan menggunakan jarum suntik yang ujungnya tumpul. 
Memegang mencit dengan menjepit bagian tekuk menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, dan ekornya dijepit diantara jari manis dan kelingking. 
Sebelum memasukkan sande oral, posisi kepala dan keadaan mulut harus diperhatikan. Ketika hewan dipegang dengan posisi terbalik pastikan posisi kepala menengadah atau posisi dagu sejajar dengan tubuh dan mulut terbuka sedikit. 
b. intra muscular
Pemberian obat dilakukan dengan menggunakan jarum suntik yang ujungnya runcing. 
Memegang mencit dengan menjepit bagian tekuk menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, dan ekornya dijepit diantara jari manis dan kelingking. 
posisi hewan harus terbalik dan kaki agak ditarik keluar agar paha bagian belakang terlihat. 
posisi jarum sejajar dengan tubuh/abdomen. 
suntikkan pada otot paha bagian belakang. 
suntikan tidak boleh terlalu dalam agar tidak terkena pembuluh darah. 
sebelum melakukan suntikan, bersihkan daerah kulit dengan alcohol 70% 
c. subkutan
Cara pemberian obat pada hewan uji dilakukan dengan menggunakan jarum suntik yang ujungnya runcing. 
Memegang mencit dengan menjepit bagian tekuk menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, dan ekornya dijepit diantara jari manis dan kelingking. 
Posisi hewan tetap mengarah kebawah (tidak terbalik). 
Arah suntikan dari depan. 
Usahakan lokasi suntikan pada daerah kulit tipis dengan terlebih dahulu membersihkannya dengan alkoho 70%. 
Melakukan suntikan dengan cepat agar tidak terjadi pendarahan. 
Pemberian obat dilakukan dengan menggunakan jarum suntik yang ujungnya runcing. 
Memegang mencit dengan menjepit bagian tekuk menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, dan ekornya dijepit diantara jari manis dan kelingking. 
Posisi hewan terbalik, kepala lebih rendah daripada abdomen. 
Posisi jarum suntik sepuluh derajat dari abdomen berlawanan arah dengan kepala (arah jarum ke bagian perut. 
Lokasi suntikan pada bagian tengah abdomen, pada daerah yang sedikit menepi dari garis tengah agar jarum suntik tidak terkena kandung kemih dan tidak terlalu tinggi agar tidak terkena penyuntikan pada hati. 
Suntikan di bawah kulit dengan terlebih dahulu membersihkan lokasi suntikan dengan alkoho 70%. 
Pengamatan
a. Pemberian obat secara oral
Pemberian oral pada mencit dilakukan dengan alat suntik memasukkan jarum oral kedalamulut mencit dengan volume maksimal 0,5 ml.
b. Pemberian obat secara subkutan
Pemberian obat dilakukan dengan cara menyuntikkan pada bagian bawah tengkuk dengan volume 0,5 ml.
c. Pemberian obat secara intramuscular 
Pemberian obat dilakukan dengan cara menyuntikkan pada paha bagian posterior dengan volume 0,5 ml.
d. Pemberian obat secara intra peritoneal
Pemberian obat dilakukan dengan cara menyuntikkan pada daerah abdomen sampai agak menepi dari garis tengah dengan volume 0,5 ml. persiapan dalam menyuntik hewan uji
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2011. Mencit. http://www.wikipedia/ensiklopedia/mencit/html. Diakses pada tanggal 20 November 2011
Ansel, Howard C. 1989 Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Katzung, Bertram G. 2001. Farmakologi Dasar dan Klinik. Jakarta: Salemba Medika.
Sihombing,ferdinan. 2010 .Memberikan Obat Oral.http:Nersferdimanskeprawatan’s Weblog.htm. Tim pengajar. 2011. Praktikum perkembangan Hewan pemberian Obat pada hewan Uji. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya