Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Monday 22 April 2013

Penyebab terjadinya dan Penggolongan Stroke


Serangan stroke disebabkan oleh dua hal utama, yaitu penyumbatan arteri yang mengalirkan darah ke otak (disebut stroke iskemik/non perdarahan) dan karena adanya perdarahan di otak (disebut stroke perdarahan/hemoragik). Faktor penyebab stroke ada banyak (multirisk factors), bukan satu-dua faktor belaka. Makan sate kambing dan merokok sering dianggap penyebab satu-satunya, padahal ada banyak sekali faktor lainnya seperti kecenderungan menu harian berlemak (doyan amenu bersantan), pola dan gaya hidup (sedentary life,kurang bisa hidup beradaptasi dengan stres), faktor hormonal (wanita menopouse, penyakit gondok, penyakit anak ginjal), dan kondisi kejiwaan (temperamen Tipe A: tipe rang yang tak sabaran), seberapa banyak tubuh terpapar dengan radikal bebas (free radikal), serta apakah tubuh sudah memperoleh kecukupan semua vitamin dan mineral. buka: cara mengobati penyakit stroke

Sebaliknya, bagi yang tergolong berisiko, misalnya memiliki faktor keturunan kelebihan lemak darah (hyperlipoproteinemia), yakni mereka yang kolesterol dan triglyseride (TG) dalam darahnya selalu di atas normal, kendati sama sekali menjauhi menu berlemak, hidup teratur, dan cukup berolahraga, tetap saja rentan terhadap stroke.
Penggolongan stroke
Stroke iskemik/non perdarahan

Otak dapat berfungsi dengan baik jika aliran darah yang menuju otak tidak mengalami hambatan. Namun, juka persediaan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh sel-sel darah dan plasma terhalang oleh suatu bekuan darah atau terjadi trombosis dalam pembuluh darah yang menyuplai otak, akan terjadi stroke iskemik, yang dapat berakibat kematian sel/jaringan otak yang disuplai. Terhalangnya aliran darah yang menuju otak dapat disebabkan oleh suatu trombosis atau emboli-keduanya merupakan jenis bekuan darah dan pengerasan arteri yang disebut plak arterosklerotik melalui proses aterosklerosis.


         Berdasarkan perjalanan klinisnya, stroke iskemik dikelompokkan menjadi:

1.Transient Ishemic Attack (TIA): serangan stroke sementara yang berlangsung kurang dari 24 jam.

2. Reversible Ishemic Neurologic Deficit (RIND): gejala neurologis akan menghilang antara > 24 jam sampai dengan 21 hari.

3. Progresing stroke atau stroke-in-avolution: kelainan atau defisit neurologik berlangsung secara bertahap dari yang ringan sampai menjadi berat.

4. Completed stroke atau stroke komplet: kelainan neurologis sudah menetap dan tidak berkembang lagi.

Menurut klasifikasi uji coba The National Institute of Neurological Disoders Stroke Part III (NINDS III), berdasarkan penyebabnya stroke iskemik dibagi dalam 4 golongan:

1. Aterotrombotik: penyumbatan pembuluh darah oleh plak.

2. Kardioemboli: sumbatan pembuluh darah oleh pecahan plak (emboli) dari jantung.

3. Lakuner: sumbatan plak pada pembuluh darah yang berbentuk lubang.

4. Penyebab lain yang menyebabkan hipotensi.



Penyebab stroke iskemik

Ada beberapa penyebab stroke iskemik: buka juga: Tanda-tanda penyakit stroke

1. Ateroma

Pada stroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur arteri yang menuju otak, misalnya suatu ateroma (endapan lemak) bisa terbentuk di dalam arteri karotis sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah. Keadaan ini sangat serius karena setiap arteri karotis dalam keadaan normal memberikan darah ke sebagian besar otak.

2.  Emboli

Endapan lemak juga bias terlepas dari dinding arteri dan mengalir di dalam darah, kemudian menyumbat dan mengalir di dalam darah, kemudian menyumbat arteri yang lebih kecil. Arteri karotis dan arteri vertebralis beserta percabangannya bias juga tersumbat karena adanya bekuan darah yang asal dari tempat lain, dari jantung atau katupnya. Emboli lemak terbentuk jika lemak dari sumsum tulang yang pecah dilepaskan ke dalam aliran darah dan akhirnya tersumbat di dalam sebuah arteri (kecil). Stroke karena sumbatan embolo jarang terjadi. Lihat juga artikel lainnya: gejala dan diagnosis penyakit kanker

3.  Infeksi

Stroke juga bias terjadi bila suatu peradangan atau infeksi menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang menuju otak.

4. Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat menyebabkan stroke, seperti kokain dan amfetamin, dengan jalan mempersempit lumen pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke.

5. Hipotensi

Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bias menyebabkan berkurangnya liran darah ke otak, yang biasanya menyebabkan seseorang pingsan. Stroke bias terjadi jika tekanan darah rendahnya sangat parah dan menahun. Hal ini terjadi jika seseorang mengalami kehilangan darah yang banyak karena cedera atau pembedahan, serangan jantung atau irama jantung yang abnormal
Stroke Perdarahan
Terhalangnya suplai darah ke otak dapat disebabkan oleh arteri yang mensuplai darah ke otak pecah, oleh sebab tertentu misalnya tekanan darah yang mendadak tinggi. Peningkatan tekanan darah yang mendadak tinggi dapat disebabkan oleh hipertensi, stress psikis, trauma kepala, atau oleh peningkatan tekanan lainnya seperti mengejan, batuk keras, angkat beban, dan sebagainya. Pembuluh darah yang pecah umumnya karena arteri tersebut berdinding tipis berbentuk balon yang disebut aneurisma, atau arteri yang luka bekas aterosklerotik. Perdarahan otak dapat terjadi di dalam otak yang disebut hemoragi otak, sehingga otak tercemar oleh kumpulan darah (hematom); atau darah masuk ke ruang subaraknoid yang disebut perdarahan subaraknoid. Perdarahan subaraknoid ada dua macam yaitu primer, bila pembuluh darah yang pecah berasal dari  arteri yang ada di subaraknoid; dan sekunder, bila sumber darah dari tempat lain di luar ruangan subaraknoid yang masuk ke ruangan subaraknoid.

Stroke perdarahan dibagi lagi dalam:

-    Perdarahan subaraknoid (PSA)

-    Perdarahan intraserebral (PIS); Intraparenkim atau intraventrikel.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya