Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Sunday 30 June 2013

Cara mengetahui gejala serta Jenis Stadium Kanker

Mengetahui gejala serta cara diagnosis dan jenis stadium penyakit kanker

Gejala Kanker

Gejala kanker secara umum yang timbul tergantung dari jenis atau organ tubuh yang terserang yaitu : Nyeri dapat terjadi akibat tumor yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah disekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan terhadap kanker yang sedang tumbuh, dan nyeri juga disebabkan karena ketakutan atau kecemasan. Pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar, misalnya ludah, batuk atau muntah yang berdarah, mimisan yang terus menerus, cairan puting susu yang mengandung darah, cairan liang senggama yang berdarah (diantara menstruasi/menopause) darah dalam tinja, darah dalam air kemih. Perubahan kebiasaan buang air besar. Penurunan berat badan dengan cepat akibat kurang lemak dan protein (kaheksia). Benjolan pada payudara. Gangguan pencernaan, misalnya sukar menelan yang terus menerus. Tuli, atau adanya suara - suara dalam telinga yang menetap. Luka yang tidak sembuh – sembuh. dan Perubahan tahi lalat atau kulit yang mencolok.


Diagnosis Kanker

Mengetahui lebih awal Penyakit Kanker.

  • Upaya pendeteksian kanker yang terkini adalah dengan Digital Infrared Imaging atau Pencitraan Inframerah Digital (PID). Teknik ini untuk memonitor kesehatan payudara dan leher rahim pada wanita terhadap adanya proses prakanker. Prinsip kerja PID adalah bahwa benda pada temperatur tertentu akan memancarkan radiasi gelombang electromagnet dari permukaan yang tidak kasat mata, dimana intensitas maksimum terjadi pada panjang gelombang daerah sinar inframerah. Aktivitas kimia dan aktivitas pembuluh darah didalam jaringan sekitar prakanker yang sedang tumbuh selalu lebih tinggi daripada jaringan normal.
  • Beberapa tes penyaringan yang dapat dilakukan dirumah, misalnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan sangat dapat membantu wanita mendeteksi kanker payudara.
  • Memeriksa buah zakar dapat membantu pria mendeteksi kanker secara dini sehingga dapat disembuhkan bila ditemukan pada stadium dini.
  • Memeriksa secara teratur adanya luka terbuka dimulut yang tidak sembuh - sembuh untuk mendeteksi kanker mulut pada stadium dini. Lihat juga: perbedaan sakit kepada dan migrain


Menentukan Stadium kanker

Jika kanker telah ditemukan, pemeriksaan penentuan stadium kanker (staging) kanker membantu dokter dalam merencanakan pengobatan yang tepat dan menentukan prognosis perjalanan penyakitnya. Staging bisa dilakukan dengan menggunakan :
  1. Pemindaian/scanning (misalnya pemindaian hati atau tulang). 
  2. Pewarnaan terhadap jaringan sehingga bila ada kanker jaringan patologis dapat diketahui. 
  3. CT (Computed Tomography) atau MRI (Magnetic Resonance Imaging). 
  4. Mediastinoskopi. 
  5. Biopsi sumsum tulang.
Terkadang perlu dilakukan pembedahan untuk menentukan stadium kanker. Misalnya, suatu laparatomi (pembedahan perut) memungkinkan ahli bedah untuk mengangkat atau mengobati kanker usus besar sambil menentukan penyebaran kanker ke kelenjar getah bening terdekat. 
baca artikel terkait mengenai penyebab kanker disini : buka faktor utama penyebab kanker
konsultasikan penyakit anda disini : buka layanan konsultasi kanker secara gratis

3 comments:

  1. kamker adalah penyakit yang membunuh ibu saya sangat mengerikan
    apa kabar sappo dimana lokasinya sesama blogger Pinrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya turut berduka sappo.
      tinggal kita sebagai penerus slalu berusaha untuk hidup sehat agar jauh dari penyakit berat..
      saya di kampung guru, jlan jampue sappo.. cuma tinggal di palu sekarang...
      kita tinggal dimanaki di pinrang..??

      Delete

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya