Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Monday 22 April 2013

Perbedaan Sakit Kepala Menekan dan Migrain


Terkadang kita sulit membedakan antara sakit kepala dengan migrain. padahal untuk mengobati penyakit tersebut harus membutuhkan obat yang tidak sama. berikut ini perbedaan antara penyakit migrain dengan sakit kepala

Migrain adalah sakit kepala sebelah yang nyerinya berdenyut hebat dan terjadi berulang-ulang. Biasanya mengenai salah satu sisi kepala, tetapi kadang-kadang mengenai kedua sisi kepala. Sakit kepala sebelah (migrain) merupakan jenis sakit kepala yang sering dialami dewasa ini, muncul satu sampai delapan kali dalam sebulan. Nyeri tibul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala gangguan penglihatan seperti berkunang-kunang, gangguan saraf, atau gangguan saluran pencernaan (mual, muntah).


·    Penyebab penyakit migrain


Migrain dapat timbul karena factor internal maupun eksternal. Faktor internal antara lain karena peningkatan hormin pada siklus menstruasi. Lebih dari separuh penderita memiliki keluarga dekat yang juga menderita migrain, sehingga diduga ada kecenderunagn bahwa penyakit ini diturunkan secara genetic. Factor internal lain adalah adanya perubahan metabolism otak.
Faktor eksternal meliputi keadaan stress, kelelahan atau terlalu banyak tidur, puasa atau terlambat makan, perubahan cuaca, perbedaan tekanan udara (pada ketinggian), beberapa jenis makanan dan obat-obatan. Lihat artikel lainnya: Cara mengenali penyakit kankerMigrain terjadi jika arteri yang menuju otak menyempit (konstriksi, mengerut) dan kemudian melebar (dilatasi), yang akan mengaktifkan reseptor nyeri di dekatnya.

·    Gejala sakit migrain


Sekitar 10-30 menit sebelum serangan sakit kepala datang, sering didahului oleh suatu periode yang disebut aura atau proderma dengan manifestasi timbulnya gejala-gejala depresi, mudah tersinggung atau lekas marah, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan; yang terjadi pada sekitar 20% penderita.

·    Cara mengetahui penyakit migrain


Tidak ada pemeriksaan laboratorium yang dapaty membantu memperkuat diagnosis migrain. Biasanya diagnosis ditegakkan berdasarkan pola sakit kepalanya yang khas.

·   cara mencegah mingrain



  1. Beberapa obat yang diminum setiap hari dapat mencegah serangan migrain.
  2. Beta-bloker propanolol memberikan efek bebas gejala jangka panjang.
  3. Bisa juga diberikan penghambat saluran kalsium: verapamil.
  4. Obat anti kejang: divalproex sodium telah terbukti dapat mengurangi frekuansi timbulnya serangan migrain, jika diminum setiap hari.

·         Makanan dan minuman untuk mencegah migrain

Baik/boleh
Hati-hati: jumlah
Terbatas
Dihindari/tidak
Boleh
Minuman :
·         Kopi dekafein
·         Jus buah
·         Minuman soda tanpa kafein

Makanan :
·         Daging segar
·         Ikan
·         Unggas
·         Ikan tuna
·         Telur
·         Susu
·         Keju
·         Produk beragi
·         Sereal kering
·         Pasta
·         Semua jenis sayur
·         Semua jenis buah-buahan
·         Semua minyak goring
·         Cuka putih
·         Kaldu buatan sendiri
Minuman :
·         Minuman berkafein tidak lebih dari 2 kali sehari
·         Minuman beralkohol (seperti wine, wiski, vodka) hanya satu kali sehari

Makanan :
·         Sosis
·         Hot dog
·         Corned beef
·         Daging olahan berpengawet
·         Yoghurt
·         Krim asam
·         Roti beragi buatan sendiri
·         Kue
·         Bawang mentah
·         Buah-buahan sehari ⅟2 mangkuk (jeruk nipis, alpukat, pisang, papaya)
·         Lemak
·         Cuka apel
·         Kacang-kacangan
·         Sup kaleng yang mengandung vetsin
·         Produk berbahan dasar cokelat

Minuman :
·         Semua minuman beralkohol lain dalam jumlah banyak

Makanan :
·         Makanan yang dikeringkan, diragikan, diasap, atau diasamkan
·         Daging atau hati tak segar
·         Keju tua
·          Kol asam
·          Produk kacang kedelai yang diragikan
·         Makanan dari campuran berbagai bahan cap cay
·         Vetsin (MSG)
·         Nitrit yang terdapat dalamdaging olahan, ragi, ekstrak daging pengempuk daging, kecap, saus teriyaki, daging cincang.




· Cara mengobati penyakit migrain

Jika tidak diobati, serangan migraine dapat berlangsung selama beberapa jam atau hari. Pada beberapa penderita, sakit kepalanya ringan dan dapat dihilangkan dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Namun serangan migrain sering kali hebat dan membuat penderita menjadi tidak berdaya terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotopobia). Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirarah dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya. lihat artikel lainnya: cara mencegah penyakit stroke

            Obat yang paling banyak digunakan adalah ergotamin (suatu vasokonstriktor), yang menyebabkan mengerutnya pembuluh darah sehingga membantu mencegah pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan nyeri. Kafein dosis tinggi juga membantu mencegah melebarnya pembuluh darah dan sering kali diberikan bersamaan dengan obat pereda nyeri atau ergotamin.

            Obat-obat baru (misalnya eletriptan, naratriptan, rizatriptan, sumatriptan, dan zolmitriptan) berfungsi meningkatkan efek serotonin. Obat-obat ini lebih efektif daripada aspirin atau asetaminofen, tetapi harganya lebih mahal. Ergotamin dan obat-obat baru kadang-kadang dapat berbahaya, karenanya tidak boleh digunakan melebihi yang dianjurkan atau diresepkan.

·         Perawatan

-          Cukup istirahat dan tidur.

-          Hindarkan ketegangan saraf atau emosi.

-          Rendamlah kaki ke dalam air hangat selama 20 menit.

-          Kompreslah kepala dengan air dingin atau es.

Lihat juga: Faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker

Sakit Kepala Menekan (Tension)


·    Pengertian sakit kepala


Sakit kepala menekan merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot di leher, bahu, dan kepala, sehingga menimbulkan rasa sakit yang menekan; terasa tegang di dua sisi kepala seperti di daerah dahi, pelipis, belakang kepala, atau leher.

· Penyebab sakit kepala


Ketegangan otot dapat disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang pas, stress social atau psikis, dan kelelahan. Faktor lainnya adalah karena kurang atau tidak pernah menggerakkan kepala dalam waktu cukup lama, mata yang tegang, kurang tidur atau karena asap rokok.

·  Gejala:

Sakit kepala menekan biasanya dimulai pada pagi hari atau menjelang sore hari atau menjelang sore hari dan memburuk sepanjang hari. Nyeri agak hebat yang menetap sering kali dirasakan di atas mata atau di kepala bagian belakang; suatu perasaan di mana kepala seperti terikat oleh tali, disertai oleh rasa nyeri. Nyeri dapat menyebar ke seluruh kepala dan dan kadang-kadang sampai ke leher bagian belakang dan bahu, atau puncak kepala.

Cara Membedakan Sakit Kepala Menekan dan Migrain


Gejala dan Tanda
Sakit Kepala Menekan
Migrain
Lamanya sakit
30 menit-7 hari
4-72 jam
daerah kepala yang sakit
Seluruh kepala, dapat menjalar sampai ke leher dan bahu.
Satu sisi umumnya di daerah dahi atau sekitar mata.
Permulaan sakit
Setiap saat. Dapat diringankan dengan aktivitas fisik.
Pagi-pagi sekali atau malam hari. Semakin parah jika melakukan aktivitas fisik.
Rasa mual
Jarang
Sering
Kepekaan pada sinar/suara
Tidak peka
Peka
Intensitas sakit
Ringan-berat
Sedang-berat


·        

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya