Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Thursday 26 January 2017

Apoteker: Langkah PWDT Contoh kasus penyakit gagal ginjal

Pendekatan Sistematis Untuk Melayani Pasien Secara Pharmaceutical Care pada kasus penyakit gagal ginjal. Pendekatan dilakukan berdasarkan Langkah-Langkah Dalam PWDT (Pharmacist’s Workup Of Drug Therapy). Berikut ilustrasi kasusnya.
ilustrasi: apoteker sedang mendiskusikan pendekatan sistematis dalam melayani pasien melalui langkah-langkah PWDT
Ilustrasi kasus
Ny. R datang dengan keluhan sakit saat buang air kecil dan sering merasakan anyang anyangan, air seni pasien sering terdapat bentuk serpihan pasir dan sedikit darah. Pasien suka merasakan nyeri pinggang dibagian kanan. Keluhan ini dirasakan sejak 1 tahun lalu tetapi hilang timbul. Pasien pernah didiagnosa batu ginjal 6 bulan yang lalu namun ukurannya kecil dan hanya diberikan obat (tidak operasi). Pasien adalah seorang pekerja berat, bekerja terlalu lama sehingga jarang meminum air putih dan lebih sering mengkonsumsi minuman suplemen. Juga jarang berolahraga.
Keluhan dirasakan makin berat tiap harinya. Pasien mempunyai riwayat darah tinggi sejak 3 tahun yang lalu, tetapi tidak kontrol rutin. Pasien sering merasakan kesemutan, nyeri dan lemas ditubuhnya. Pasien juga memiliki kebiasaan memakan jeroan dan merokok.
Dari pemeriksaan pisik, pasien memiliki tekanan darah 150/90 mmHg, berat badan 68 kg dengan tinggi badan 150 cm. pada hasil lab didapatkan data :
Kolesterol total
240 mg/dL (normal <200 mg/dL)/ 13,33 mMol/L (normal 11,11 mMol/L
LDL
180 mg/dL (normal <150 mg/dL)/10 mMol/L (normal 8,33 mMol/L)
HDL
35 mg/dL (normal < 50 mg/dL)/ 1,94 mMol/L (normal 2,77 mMol/L)
Trigliserida
220 / 12,22 mMol/L
Ureum serum
90 (normal 20 – 40 mg/dL)
Kreatinin serum
2,4 mg/dL (normal < 1,2 mg/dL)
Pasien disarankan untuk melakukan diet dan gaya hidup
Terapi obat saat ini adalah sebagai berikut:
1.    Nephrolit    1 hari 3 kapsul
2.    Captopril 12,5 mg 2 kali sehari 1 tablet sebelum makan
3.    Simvastatin 10 mg 1 kali sehari 1 tablet pada malam hari.
Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan Pharmacist’s Workup Of Drug Therapy (PWDT). kita lanjutkan kehalaman berikutnya: tahap pelaksanaan farmasi PWDT pada contoh kasus gagal ginjal
Lihat juga materi: materi interaksi obat lengkap

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya