Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Sunday 11 March 2018

Perbandingan Manfaat Menyusui ASI vs Susu Formula

Perbandingan manfaat menyusui ASI vs susu formula yang harus diketahui oleh para ibu agar dapat bijak memilih mana yang lebih baik untuk kebutuhan bayinya. beberapa pertanyaan tentang haruskah saya memberi susu formula kepada bayi saya? Pertanyaan Ini adalah pertanyaan yang sering muncul bagi moms yang baru saja memiliki momongan.

Banyak pendapat tentang manfaat ASI dan Susu formula. Ada pro dan kontra untuk menyusui ASI vs susu formula. Untuk itu berikut ini beberapa perbandingan untuk membantu Anda mencapai keputusan yang tepat tentang pokok bahasan ini

Manfaat Menyusui ASI vs Susu Formula

Tentu saja memilih memberi susu formula kepada bayi bukan berarti Anda tidak bisa memberi ASI. Pilihan lain Anda bisa menggunakan pompa ASI untuk memompa dan menyimpan ASI Anda di botol.

Manfaat Menyusui ASI Eksklusif

1. ASI Lebih Bergizi

Sesaat setelah melahirkan Anda akan direkomendasikan untuk memberikan ASI esklusif. Penting untuk diketahui ASI ibu mengandung banyak nutrisi penting yang tidak ditemukan dalam formula bayi. Hal ini akan membuat para ibu melakukan cara merangsang produksi ASI agar suplai air susu ibu tercukupi

2. Manfaat ASI Melindungi Bayi Anda dari Penyakit

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang menyusui ASI esklusif menunjukkan tingkat penyakit yang jauh lebih rendah seperti virus, infeksi maupun penyakit pernafasan.

3. Manfaat ASI Melindungi Bayi Anda dari Alergi

Menyusui bayi Anda juga dapat terhindar dari masalah Alergi. Umumnya, semakin dini dan lebih sering seorang anak diberi makanan bukan ASI maka semakin besar kemungkinannya untuk mengembangkan alergi.

4. Meningkatkan Ikatan Batin antara Bayi dan Ibu

Ketika seorang ibu menyusui bayinya dia dapat memberikan kepadanya semua nutrisi yang dia butuhkan. Tentu ini tidak hanya membantu memperkuat ikatan antara bayi dan ibu, tapi juga membantu meringankan perasaan cemas juga.

5. Lebih Mudah Bagi Bayi untuk Mencerna

ASI ibu jauh lebih mudah bagi bayi untuk dicerna. Ada enzim dalam susu ibu yang membuatnya lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan susu formula.

6. Lebih ekonomis

Untuk memenuhi kebutuhan bayi tanpa ASI, Anda harus mengalokasikan dana setiap bulannya yang tidak sedikit. Dengan program ASI esklusif, Moms bisa lebih menghemat jutaan rupiah per tahunnya.

Manfaat susu formula

Sekarang setelah Anda tahu semua manfaat menyusui, bukan berarti Anda merasa bersalah jika memilih tidak melakukannya! Tidak semua ibu merasa nyaman – atau mampu menyusui.

Tidak Semua Ibu Bisa Menyusui

Sayangnya, beberapa ibu memiliki masalah kesehatan sehingga membuat ASI tidak aman atau tidak memungkinkan. Wanita yang HIV-positif, pada obat tertentu, atau sedang menjalani perawatan kemoterapi tidak aman untuk menyusui bayinya.

Siapapun bisa memberi makan bayi

Saat menyusui bayi Anda, sisi negatifnya adalah bahwa Andalah satu-satunya yang dapat memberi makan bayi. Suamimu, pengasuh anak atau pengasuh lainnya tidak dapat mengulurkan tangan dalam tugas sehari-hari ini. Menggunakan pompa ASI adalah solusi yang mungkin bisa dilakukan, tapi tidak sama dengan menyusui.

Bisa Lebih Mudah daripada Menyusui

Menggunakan susu formula seringkali bisa lebih mudah dan lebih nyaman daripada menyusui. Seperti disebutkan di atas, bisa jadi agak merepotkan untuk memompa dan menyimpan air susu bagi orang lain untuk diberi makan. Selain itu, karena susu formula bayi cenderung mencerna lebih lambat dari susu ibu, berarti bayi tetap kenyang lebih lama.

Diet Ibu Tidak Mempengaruhi Bayi

Jika Anda memilih untuk menyusui, Anda harus sadar akan apa yang Anda konsumsi. Apa pun yang Anda makan atau minum berpotensi mempengaruhi kualitas ASI Anda! Hal-hal seperti makanan pedas, coklat, sayuran, dan jenis makanan lainnya dapat membuat susu sulit bagi bayi dicerna.
Jika Anda memberi susu formula bayi Anda, Anda tidak perlu lagi memperhatikan diet Anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi bayi Anda.

Sebagai Kesimpulan, tidak masalah apakah Anda memilih untuk menyusui atau memberi susu formula kepada bayi Anda, perhatian yang paling penting adalah lakukan apa saja yang membuat Anda merasa nyaman sebagai ibu dan tetap menjaga kesehatan bayi Anda. ASI dan susu formula masing-masing punya nilai positif yang bisa Anda pertimbangkan.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya