Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Saturday 4 February 2017

Gejala Klinis Penyakit Demam Berdarah

Gambaran klinis demam berdarah dengue sering kali tergantung pada umur penderita. Pada bayi dan anak biasanya di dapatkan demam dengan ruam mukulopapular saja. Pada anak besar dan dewasa mungkin hanya di dapatkan demam ringan, atau gambaran klinis lengkap dengan panas tinggi mendadak, sakit kepala hebat, sakit bagian belakang kepala, nyeri otot dan sendi serta ruam, tidak jarang ditemukan perdarahan kulit, biasanya didapatkan leukopeni dan kadang – kadang trombositopeni. Pada waktu wabah tidak jarang demam dengue dapat disertai perdarahan hebat.
Gejala klinis utama pada DBD adalah demam dan manifestasi perdarahan baik yang timbul secara spontan maupun setelah uji torniquet untuk menegakkan diagnosis klinis DBD, WHO (1886) menentukan beberapa patokan gejala klinis dan laboraratorium.
Artikel terkait: Cara Memberantas Penularan Demam Berdarah
Gejala klinis yang timbul dari penyakit demam berdarah

Gejala Klinis Klinis Demam Berdarah

Demam tinggi mendadak yang berlangsung 2 – 7 hari
Manifestasi perdarahan
Hepatomegali
Renjatan, nadi cepat dan lemah, tekanan nadi menurun ( <20 mmHg ) atau nadi tak teraba, kulit dingin, dan anak gelisah.
Laboratorium
Trombositopenia dan respons leukosit
Trombisitopenia dan hemokonsentrasi merupakan 2 keadaan yang hampir selalu muncul pada penyakit akibat infeksi virus dengue. Trombositopenia adalah keadaan dimana hitung trambosit darah tepi ditemukan sebesar = 100000/mm disertai dengan gejala peningkatan permeabilitas kapiler, peningkatan hematokrit dan serum protein yang rendah. Pada pasien DBD hitung trambosit ditemukan rendah selama fase demam dan pada beberapa pasien ditemukan pada 2 hari atau lebih sebelum onset hipovelemik. Trombositopenia juga ditemukan pada pasien anak tanpa disertai peningkatan hematokrit. Dengan demikian trambositopenia merupakan test screening paling peka untuk DBD meskipun spesifitasnya belum diketahui. Jumlah trambosit meningkat dengan cepat selama fase penyumbuhan, mencapai 25 – 50 % di atas normal. Trambositopenia pada pasien DBD diduga terjadi akibat penurunan produksi trambosit oleh sumsum tulang.
Diagnosis Laboratoris DBD
Pemeriksaan Serologis didasarkan atas timbulnya antibody pada penderita yang terjadi setelah infeksi.
HI (Hemaglutination Inhibition)
pemeriksaan HI dianggap sebagi tes standar (gold standard). Namun pemeriksaan ini memerlukan 2 sampel darah (serum) dimana spimen kedua harus diambil pada fase konvalensen (penyembuhan) sehingga tidak dapat memberikan hasil yang cepat.
Pemeriksaan ELISA (IgM/IgG)
Infeksi dengue dapat dibedakan sebagai infeksi primer atau sekunder dengan menetukan rasio limit antibody dengue IgM terhadap IgG. Dengan cara uji antibody dengue IgM dan IgG, uji tersebut dapat dilakukan hanya dengan satu sampel darah (serum) saja yaitu darah akut sehingga hasil cepat di dapat saat ini tersedia Dengue Rapid Test dengan prinsip pemeriksaan ELISA
Menurut WHO pentahapan demam berdarah dengue (DBD) diklasifikasikan menjadi empat tingkat keparahan, dimana derajat III dan IV dianggap DSS. Adanya trombositopenia dengan disertai hemokonsentrasi membedakan derajat I dan II DHF dari DF.
Derajat I : Demam disertai dengan gejala konsititusional non-spesifik; satu-satunya manifestasi perdarahan adalah tes torniket positif dan / atau mudah memar.
Derajat II : Perdarahan spontan selain menifestasi pasien pada derajat I, biasanya pada bentuk perdarahan kulit atau perdarahan lain.
Derajat III : Gagal sirkulasi dimanifestasikan dengan nadi cepat dan lemah serta penyempitan tekanan nadi atau hipotensi, dengan adanya kulit dingin dan lembab serta gelisah.
Derajat IV : Syok hebat dengan tekanan darah atau nadi tidak terdeteksi.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya